Syaikh Yusuf Qardhawi: “Darunnajah, Persemaian Generasi Unggul”

Di tengah musibah yang terus melanda bangsa, negeri ini tetap mendapat rahmat dari Allah ta’ala. Di awal Januari tahun ini (2007), bangsa Indonesia kedatangan tamu istimewa. Seorang ulama ternama asal Mesir, yaitu Syaikh DR. Yusuf al-Qardhawi melakukan kunjungan ke beberapa tempat di Jakarta. Di antaranya Istana Negara di Jakarta, rumah dinas Ketua MPR RI, pondok pesantren Darunnajah, Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, masjid Istiqlal, dll.

Ulama terpandang yang populer dengan buku Fatwa-fatwa Kontemporer dan Halal dan Haram dalam Islam ini hadir di Indonesia atas undangan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang telah berkunjung ke Qatar pada pertengahan tahun lalu. DR. Yusuf Qardhawi tak pernah segan untuk berkunjung ke Indonesia karena ia adalah bagian dari bangsa ini yang dikenal sebagai bangsa dengan mayoritas muslim, “Saya akan hadir tidak sebagai tamu, karena saya telah lama menjadi bagian dari bangsa Indonesia”, tutur ayah tujuh anak ini.

Setelah bertemu dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Negara di Jakarta Selasa (09/1). Keesokan harinya, Rabu (10/1) Syaikh Qardhawi mengunjungi Pondok Pesantren Darunnajah di Jakarta Selatan. Syaikh Qardhawi hadir di Darunnajah pukul 10.00 WIB dengan ditemani oleh Menteri Agama RI M Maftuh Basuni, Dirjen Bimas Islam Departemen Agama RI Nasaruddin Umar, Dubes Indonesia untuk Qatar dan Dubes Qatar untuk Indonesia dan disambut langsung oleh pengurus Darunnajah di Baitul Wakif (kediaman almarhum KH Abdul Manaf Mukahayyar). Untuk mengenang kedatangan Syaikh Qardhawi di Darunnajah, beliau menanam pohon jeruk bali di depan gedung Olahraga ponpes Darunnajah. Di samping itu ulama yang saat ini bertempat di Qatar menandatangani prasasti di Darunnajah yang kemudian memberikan tausiah di hadapan pengurus dan santri Darunnajah yang berjumlah 2.000 orang.

Santriwan-santriwati sangat senang dengan kedatangan ulama terpandang pada abad XXI ini yang telah menghasilkan 125 judul buku untuk menjawab problematika umat Islam saat ini, 70 judul di antaranya telah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Syaikh Qardhawi juga dikenal sebagi ulama yang memiliki karya-karya monumental dan fatwa-fatwa yang mudah dicerna oleh berbagai lapisan umat. Syaikh yang lahir di desa Shafth, Turab, Provinsi Manovia, Mesir, pada 1926 ini memberikan nasehat kepada para santri Darunnajah. Ia bangga dengan Darunnajah karena ia berpidato tanpa penerjemah, “Darunnajah ini luar biasa, saya berbicara tanpa penerjemah”, ujarnya dengan khas bahasa Arab Mesir.

Menurut ulama yang pernah aktif dalam pergerakan Ikhwanul Muslimin ini Darunnajah adalah pabrik generasi unggul. “Saya bangga dengan Darunnajah, karena menyiapkan anak-anak muda untuk masa depan. Darunnajah ini adalah pabrik yang akan mencetak generasi unggul”, ungkap syaikh dalam pidato.

Dalam pidato yang singkat, syaikh banyak memberikan pesan baik untuk santri Darunnajah maupun umat Islam Indonesia. Di antaranya yaitu orang Islam hendaklah menunjukkan perilaku yang sesuai dengan ucapan. Kaum muslimin perlu menunjukkan kebersihan serta keramahan dalam pergaulan dengan orang lain. Ulama yang selalu menampilkan Islam secara santun dan moderat ini juga berpesan, “Hendaklah kita bangga dengan ke-Islam-an kita (al-i’tizazu bil Islam). Untuk itu hendaklah belajar bahasa Arab, karena sumber-sumber Islam berbahasa Arab. Dan hendaklah kita bangga dengan pesantren, karena pesantren mengajarkan bahasa Arab”, semangat syaikh dalam pidato.

 

 

Ustadz Haris Qodir, Pengajar Ponpes Darunnajah Ulujami, Jakarta Selatan

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s